Ada bubuk putih yang menempel di buah anggur. Apakah itu pestisida?

Semua orang pasti kenal dengan buah anggur karena buah anggur ini sangat manis rasanya dan banyak sekali manfaat yang diperoleh saat mengkonsumsi buah tersebut. Tapi, pernahkah kalian memperhatikan jika buah anggur itu ada bubuk putih yang menempel di kulitnya?

Kalian belum bisa membayangkannya ya. Baiklah, coba perhatikan gambar buah anggur ini.

bubuk putih terdapat pada buah anggur
Sumber gambar : buah anggur

Ada bubuk putih yah yang menempel di buah anggur itu. Pasti kalian mengira jika bubuk putih itu adalah pestisida yang dengan sengaja disemprotkan ke buah anggur tersebut. Sebenarnya, bubuk itu bukan pestisida.

Lalu, jika bubuk putih bukan pestisida. Bubuk putih itu apa?

Semua buah anggur mempunyai bubuk putih yang menyerupai seperti bedak yang melapisi kulit buah anggur. Nah, bubuk putih itu dinamakan “bloom“. [1] Ternyata, bloom itu terdapat juga pada buah-buah lain seperti apel, pir, dan buah blueberry. Bloom bukan pestisida karena terbentuk secara natural. Bloom itu mengandung senyawa oleanolic acid. [2] Oleanolic acid ini menyerupai wax atau lilin berupa bubuk putih yang melapisi buah anggur.

Berkat adanya bloom tersebut dapat melindungi buah anggur dari gangguan para serangga dan bakteri. Terdapat senyawa kimia yang ada kulit anggur tersebut yaitu oleanolic acid pada bloom ini akan menjaga agar kelembaban buah anggur agar tetap terjaga sehingga buah anggur akan terlihat tampak segar. [3]

Saat kalian ingin menyimpan buah anggur sebaiknya kalian jangan mencuci buah anggur tersebut dengan air karena bubuk putih itu akan hilang karena fungsi utama bloom adalah menjaga buah anggur agar tidak cepat membusuk.

Jadi, bubuk putih yang menempel di kulit anggur bukan pestisida melainkan bloom dan paling penting diingat adalah bloom itu tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Tapi, alangkah baiknya juga tetap dicuci dengan air saat kalian ingin memakannya ya.

Sekian, semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membaca. Jika kalian suka tulisan kalian membagikan informasi ke teman-teman kalian yang belum mengetahuinya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Catatan Kaki

[1] https://www.consumerreports.org/cro/news/2010/05/q-a-is-the-cloudy-coating-on-blueberries-safe-to-eat/index.htm

[2] https://en.wikipedia.org/wiki/Oleanolic_acid

[3] https://demystifiedvine.com/2013/11/15/bloom-what-is-it/bb

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*