Apakah air minum kemasan bisa kadarluarsa?

Setelah berolahraga di pagi hari yang membuat dirimu mengeluarkan banyak keringat di tubuhmu. Kamu pun segera meminum air minum kemasan yang kamu beli di warung. Karena kamu sudah haus segeralah kamu meminum air kemasan tersebut. Tapi, beberapa saat kemudian kamu merasakan rasa yang pahit di lidahmu sambil berkata “sialan kok air minum ini pahit amat yah“.

Kamu pun mencek label kemasan air tersebut yang ternyata label kemasannya telah melewati tanggal “best before“.

tanggal best before pada air kemasan
Tanggal best before di kemasan air
(Sumber gambar : www.productsafety.gov)

Kalian pasti bingung kok di kemasan botol bertuliskan best before yah bukan expired date. Nah, untuk mengetahui perbedaan tersebut kamu baca dulu ini perbedaan best before dan expired date pada kemasan produk.

Tahukah kalian kenapa botol air minum kemasan bisa terasa pahit?

Pada dasarnya air minum kemasan itu memang tidak bisa kadarluarsa karena struktur ikatan kimia yang terjadi pada air itu sangat kuat. Akan tetapi, air yang dijual di pasaran itu kebanyakan disimpan dalam bentuk kemasan. Kemasan air tersebut biasanya berupa plastik. Plastik itu sendiri mengandung senyawa polimer yaitu PET (Polyethylene Terephatale). Ada juga kemasan air yang mengandung Bisphenol A (BPA).

Nah, meskipun PET aman tapi PET ini pelan-pelan akan terurai dan terdistribusi ke dalam air. Air tersebut akan bercampur dengan senyawaan PET yang terurai seiring berjalan waktu. Hal inilah satu alasan yang menyebabkan kenapa air kemasan harus memiliki tanggal kadarlurasa pada kemasannya yang dinyatakan dalam tanggal best before. [1]

Oh, jadi itu alasan utama air kemasan punya tanggal kadarluarsa karena ada senyawa PET yah?

Tidak juga sih. Sebenarnya ada beberapa alasan lain kenapa air minum kemasan harus punya tanggal best before. Alasan utama adalah birokrasi pemerintah. Berdasarkan PP RI No 69 Tahun 1999 tentang label dan iklan pangan . Nah, di aturan tersebut pada bagian kedelapan pasal 27 setiap wajib mencantumkan tanggal kadarluarsa pada label kemasannya.

Air adalah produk pangan yang bisa dikonsumsi dengan mudah oleh para konsumen sehingga produk yang berupa air wajib tunduk mengikuti segala aturan yang telah dibuat oleh pemerintah di mana setiap produk air kemasan harus memiliki tanggal kadarluarsa yang dinyatakan dalam best before. [2]

Adanya tanggal kadarluarsa tersebut menguntungkan para pelaku industri air minum kemasan juga. Dengan adanya aturan tersebut membuat industri kemasan air dapat memproduksi lebih banyak air kemasan karena konsumen harus membeli produk yang belum melewati tanggal best before. Selain itu juga informasi tanggal best before ini membantu industri mengindentifikasi jika adanya kesalahan saat pembotolan, ada kontaminasi, dan produk yang ditarik dari pasaran.

Apakah jika sudah melewati tanggal best before air minum kemasan masih aman untuk diminum?

Sebenarnya masih aman untuk diminum. Jarang sekali terjadi kasus seseorang keracunan maupun tewas karena meminum air kadarluarsa. Meskipun aman, jangan simpan air minum kemasan sembarangan. Air minum kemasan tidak boleh terkena sinar matahari karena cahaya yang dihasilkan oleh matahari akan menghasilkan panas yang menyebabkan proses terurainya PET akan semakin cepat ke dalam air. Simpanlah air minum kemasan di kondisi sejuk atau suhu ruangan saja.

Sekian terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi ini. Jangan bagikan artikel ini dengan menekan tombol share agar teman-teman kalian dapat mengetahui informasi ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Catatan Kaki

[1] https://www.livescience.com/32636-why-do-bottles-of-water-have-expiration-dates-.html

[2] http://www.kemendag.go.id/files/regulasi/1999/07/pp6999.htm

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*