Bagaimana cara mengetahui ratu semut di koloni semut?

Siapa yang tidak kenal dengan serangga kecil yang sering dijuluki sebagai serangga pekerja kerja yaitu semut. Semut ini masih satu ordo dengan para tawon dan lebah yang dikenal sebagai hymenoptera. Sekumpulan semut itu terdiri dari ribuan semut dalam setiap 1 koloni. Para koloni semut ini memiliki skurutur sosial dan sistem kasta yang terbagi menjadi 3 kasta yaitu semut pekerja, semut pejantan, dan semut ratu. Ketiga jenis semut tersebut mempunyai tugas masing-masing dalam membangun koloninya.

Pernah tidak terlintas oleh pikiran kalian bagaimana cara mengetahui ratu semut di koloni semut? dan apakah memang ada perbedaan antara ratu semut dengan para koloni semut?

Ratu semut ini sebagai pemimpin bagi para koloni semut. Dia selalu berada di sarang semut sehingga dia hanya berdiam sepanjang hari di sarangnya untuk menghasilkan telur semut. Itulah penyebab kenapa kalian tidak pernah melihat ratu semut secara langsung.

https://www.livescience.com/10635-queen-ant-sacrifice-colony-retain-throne.html
Ratu semut berukuran jauh lebih besar
(Sumber gambar : https://www.livescience.com)

Nah, gambar diatas semut yang berukuran besar itu adalah ratu semut. Sangat mudah sekali kan mengenali ratu semut. Besar atau tidaknya bentuk dalam koloni semut memang dapat diindentifiksasi sebagai ratu semut. Namun, tidak semua ratu semut itu berukuran besar. Jenis semut api dan semut kayu memiliki yang berukuran sama antara ratu semut dengan semut pekerja ataupun semut pejantan. Sebenarnya ada cari lain yang bisa membedakan anatar ratu semut dengan para koloninya.[2]

ratu semut mempunyai sayap
Ratu semut memiliki sayap
(Sumber gambar : https://www.terminix.com)

Perlu diingat juga bahwa saat ratu semut itu punya sayap ditubuhnya sejak mereka menetas dari telur sehingga dia bisa terbang. Ratu semut memanfaatkan sayap tersebut untuk berpencar dan kawin dengan para penjantan semut. Selang beberapa waktu kemudian sang ratu semut itu akan melepaskan sayap dari tubuhnya. Ternyata, semut pejantan juga memiliki sayap juga. Meskipun, penjantan punya sayap dan ratu semut akan melepaskan sayap bukan berarti kalian tidak bisa membedakannya.

Nah, ternyata otot-otot dibagian dada ratu semut itu jauh lebih besar daripada otot-otot dada semut pekerja. Sedangkan semut pejantan itu tubuhnya jauh lebih ramping dan bentuk tubuh hampir sama dengan semut pekerja.

Ratu semut memiliki leher jauh lebih besar daripada leher semut pekerja
Semut pekerja memiliki otot di dadanya yang lebih kecil dari otot dada sang ratu
(Sumber gambar : http://www.myrmecos.net)

Bagian warna kuning pada gambar di atas terlihat ada sebuah benjolan kecil di tubuh ratu semut tersebut. Benjolan itu adalah tempat terbentuknya sayap. [3]

huItulah bagaimana cara mengetahui sang ratu semut di dalam sebuah koloni semut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman kalian yang belum mengetahui informasi ini dengan cara menekan tombol media sosial di bawah ini. Sekian, terima kasih ya.

Catatan Kaki

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Semut

[2] https://www.terminix.com/blog/education/carpenter-ant-queen

[3 ]http://www.myrmecos.net/2008/09/27/how-to-identify-queen-ants/

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*