Perbedaan Best Before dan Expired Date

Sewaktu kamu selesai memakan snack kentang kesukaanmu. Tenggorokanmu mulai terasa kering lalu kamu mengambil botol air kemasan. Kamu pun segera membukanya. Saat kamu akan membuka botol air kemasan tersebut kamu memperhatikan ada tulisan BB 28219.

Botol air minum menggunakan tanggal best before bukan expired date
Botol air minum kemasan

“Kok ada tulisan BB yah bukan seharusnya expired date“. Karena kamu penasaran lalu kamu mencoba membandingkan cetak tulisan itu dengan kemasan label snack kentangmu. Ternyata, kemasan label tersebut bertuliskan Exp : 040917.

Tanggal kadar luarsa pada makanan kaleng berupa expired date bukan dengan best before
Tanggal kadar luarsa pada makanan kaleng
(Sumber gambar : greenmelocally)
Kamu pun mulai bertanya-tanya, “kok beda yah, apa bedanya BB dengan Expired Date yah?

Inilah kesalahan yang sering disalahpahami oleh kebanyakan konsumen. Best Before (BB) dan Expired Date (Exp. Date) itu memiliki makna yang berbeda. Konsumen harus tahu perbedaan kedua kata tersebut karena agar tidak asal membuang suatu produk ke tempat sampah yang dikira telah melewati tanggal kadarluarsa. Padahal, mungkin produk tersebut belum kadarluarsa.

Jadi, perbedaan antara best before dan expired date apa dong?

Nah, expired date adalah tanggal kadarluarsa di mana jika sudah melewati tanggal yang tertera pada kemasan produk. Kamu tidak boleh mengkonsumsinya lagi.

Misalnya, kemasan produk tertera tanggal Exp : 040917 yang artinya adalah pada tanggal 05 September 2017 sampai seterusnya kamu tidak boleh lagi mengkosumsinya karena komposisi produk tersebut sudah mengalami kerusakan akibat dari aktivitas bakteri. Produk tersebut tidak aman lagi untuk kamu konsumsi. Jadi, expired date itu menunjukkan keamanan pangan bagi konsumen. [1]

Expired date biasanya dicantumkan di produk makanan seperti snack, roti, biskuit, makanan bayi dan lain-lainnya. Sedangkan untuk minuman contohnya adalah susu, yogurt, suplemen dan lain-lainnya.

Kalau best before itu apa yah?

Best before (BB) artinya baik sebelum untuk digunakan. BB ini tidak menunjukkan tanggal kadarluarsa yah tapi memberi tahu kepada konsumen bahwa lebih baik mengkonsumsi produk tersebut sebelum melewati tanggal yang tercantum.

Jadi, begini misalnya pada kemasan produk tercantum BB 281219 yang memiliki arti pada tanggal 29 Desember 2019 sampai seterusnya rasa, aroma, warna dan tekstur dari produk tersebut akan mengalami penurunan. Tapi, produk tersebut masih boleh kamu konsumsi karena yang menurun hanya kualitasnya saja.

Best before ini biasanya dicantumkan dikemasan produk seperti air minum dalam kemasan (AMDK), minuman soft drink, parfum, pewangi pakaian, detergen, bahan pemutih dan lain-lainnya. Tanggal best before ini hanya berlaku kalau kemasannya belum dibuka dan kondisi penyimpanannya harus sesuai dengan kondisi suhu yang tertera pada kemasannya. Jika produk sudah dibuka maka tanggal best before tidak berlaku lagi. [2]

Inilah alasan kenapa air minum dalam kesaman menggunakan tanggal best before bukan expired date. Karena pada dasarnya air itu tidak bisa basi atau kadarluarsa. Sama seperti yang terjadi pada pewangi ruangan yang tidak bisa cuma wanginya menjadi berkurang seiring berjalannya waktu

Apakah tanggal best before hanya produk yang tidak bisa basi?

Tidak juga. Industri makanan/minuman terkadang mencantumkan tanggal best before dan expired date dalam satu label kemasan yang sama. Karena ada saja konsumen di luar sana yang kritis dan rewel. Jadi, jika konsumen itu ingin mengkonsumsi makanan yang masih segar, renyah, gurih, rasanya masih enak maka sebaiknya konsumen itu membeli produk yang belum melewati tanggal kadarluarsa.

Sekian, semoga informasi ini dapat bermanfaat ya. Jangan lupa klik tombol bagikan artikel ini ke media sosial kalian agar teman-teman kalian dapat mengetahui informasi ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini yah.

Catatan Kaki

[1] https://blog.liebherr.com/appliances/my/best-before-date-vs-expiry-date/

(2) https://badgut.org/information-centre/health-nutrition/best-before-and-expiry-dates-for-food-and-drugs/

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*