Kenapa kebanyakan peralatan kimia terbuat dari kaca?

Coba kalian perhatikan peralatan kimia pada gambar di bawah ini. Peralatannya terbuat dari kaca ya. Kalian tahu tidak kenapa kebanyakan peralatan kimia di laboratorium itu kebanyakan terbuat dari kaca ya?. Belum tahu jawabannya ya. Ada beberapa alasan kenapa peralatan kimia harus terbuat dari bahan dasar kaca. Penjelasannya adalah sebagai berikut ini :

Peralatan kimia terbuat dari kaca
Peralatan kimia yang ada di laboratorium
(Sumber gambar : http://unitednuclear.com)
Mudah mengamati pereaksi yang berwarna karena transparan
Peralatan kimia yang terbuat dari karena transparan
Proses titrasi saat menentukan titik akhir (Sumber gambar : www.pharmaguideline.com)

Jika kalian pernah membuat suatu larutan yang berwarna atau melakukan suatu proses titrasi dengan menggunakan peralatan kimia maka warna yang terbentuk dari larutan tersebut akan terlihat dengan mudah sehingga membantu proses pengamatan warna dan perubahan warna yang terjadi .

Kaca yang transparan ini juga membantu membaca skala volume seperti pada labu takar dan pipet volumetri. Ada juga alat-alat kimia yang berwarna gelap yang dikenal dengan sebutan amber glass yang biasanya digunakan unntuk menyimpan pereaksi kimia yang mudah rusak akibat cahaya. Tapi, ketika pereaksi tersebut akan digunakan maka pereaski tersebut akan diletakkan pada gelas kimia yang transparan.

Tidak mudah bereaksi dengan senyawa lainnya

Kaca terbuat dari senyawa borosilikat. Borosilikat ini mempunyai ikatan kimia yang sangat kuat sehingga tidak mudah bereaksi dengan senyawa lainnya yang sering disebut dengan inert. Nah, borosilikat ini tidak mudah larut dengan asam-asam kuat yang memiliki konsentrasi yang tinggi sehingga alat gelas bisa digunakan untuk tempat wadah dalam membuat pereaksi asam pekat.

Kaca tahan terhadap panas

Peralatan gelas yang terbuat dari kaca tahan terhadap panas karena borosilikat memiliki titik leleh yang tinggi yaitu 1.580°C sehingga alat tersebut tidak mudah retak saat akan dipanaskan di suhu yang tinggi. Tapi, ada beberapa alat gelas yang tidak boleh dipanaskan disuhu >100 °C karena akan mengurangi tingkat presisi dan akurasi pada alat tersebut. Contohnya labu takar.

Peralatan gelas mudah dibersihkan

Setelah menggunakan peralatan kimia untuk membersihkannya hanya perlu menggunakan air saja yang dibantu dengan sabun atau detergen. Terkadang ada beberapa kotoran yang sulit untuk dihilang tapi dengan menggunakan asam-asam pekat bisa menghilangkan kotoran tersebut.

Jadi, itulah beberapa alasan kenapa peralatan kimia di laboratorium terbuat dari bahan kaca. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang membaca. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini.

Referensi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*