Mengapa badan ikan terasa licin?

Sewaktu kamu sedang memancing ikan di sebuah sungai. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya kamu berhasil menangkap ikan. Lalu, kamu mencoba melepaskan ikan tersebut dari kail pancinganmu dan menaruhnya di bak air. Saat kamu memindahkan ikan tersebut kamu merasa kesulitan untuk memindahkannya karena badan ikan terasa sangat licin sekali.

ikan yang licin
Seorang anak kecil kesulitan memegang seekor ikan.
Sumber gambar : www.wideopenspaces.com

Kamu pun mulai bertanya-tanya. Badan ikan ini kenapa licin yah?

Badan ikan terasa licin karena badan ikan itu dilapisi oleh mucus yang sering disebut sebagai lendir. [1]  Mucus ini terdapat pada semua jenis ikan yang ada di perairan. Mucus dihasilkan dari sel-sel kulit ikan. Sel-sel kulit ikan ini menghasilkan senyawa glyco-protein dan jika senyawa tersebut bercampur dengan air akan membuat badan ikan menjadi berlendir. [2]

Terus, fungsi mucus itu bagi ikan untuk apa yah?

Badan ikan yang licin itu membantu ikan untuk melindungi dirinya dari para predator yang mau memangsa para ikan. Kamu pernah tidak mencoba menangkap ikan dengan tangan kosong di sungai tapi kamu tidak berhasil menangkapnya karena ikan tersebut berhasil kabur dengan cepat dalam air. Alasan ikan bisa bergerak cepat dalam air karena lendir di tubuh ikan mengurangi turbulensi air sehingga para ikan dapat bergerak dengan sangat cepat di dalam air.

Fungsi lendir ini membantu ikan untuk menjaga keseimbangan biokimia yang optimal di badan ikan karena ikan terus-menerus memompa air masuk dan keluar dari insangnya. Proses tersebut dinamakan osmoregulasi. Tingkat lendir pada badan ikan mempengaruhi seberapa banyak air yang diambil dan dikeluarkan oleh ikan. [3]

Mucus ini juga memberikan perlindungan fisik dengan menjebak patogen yang menempel di tubuh ikan. Mucus yang lama akan lepas dan tergantikan dengan mucus yang baru dimana mucus yang baru sebagai antibodi tubuh ikan dan akan menyerang patogen yang menempel badan ikan.

Sudah terjawab ya kenapa badan ikan itu terasa sangat licin. Badan ikan terasa licin karena terdapat mucus. Mucus mempunyai banyak fungsi. Inilah alasan kenapa kamu sangat sulit ditangkap dengan tangan kosong karena para ikan mengira kamu itu predator.

Semoga informasi bermanfaat bagi yang membaca. Sekian, terima kasih sudah mampir ke blog saya ya.

Catatan Kaki

[1] https://owlcation.com/stem/Fish-Mucus-or-Slime-Composition-Functions-and-Sunscreen

[2] https://www.petplace.com/article/fish/general/why-are-fish-so-slimy/

[3] https://animals.howstuffworks.com/marine-life/eels-slippery1.htm


1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*