Mengapa biskuit berlubang?

Sewaktu kalian memakan sebuah biskuit. Pernakah kalian memperhatikan jika biskuit itu terdapat lubang-lubang kecil di bagiannya?. Masih belum terbayakan ya. Baiklah, coba perhatikan gambar biskuit berikut ini?

biskuit berlubang
Sumber gambar : bukalapak.com

Ada lubang-lubang kecil yah pada biskuit tersebut. Saya bisa menebak pasti kalian menganggap lubang-lubang pada biskuit tersebut hanya dekorasi saja agar terlihat menarik. Upss, maaf sekali. Kalian mungkin terlalu terlalu asyik menikmati kelezatan biskuit tersebut sehingga kalian tidak menyadari ada fakta sains kenapa biskuit tersebut terdapat lubang.

Jadi, mengapa biskuit tersebut mempunyai lubang-lubang kecil?

Sebelum menjawab pertanyaan ini. Kalian sudah tahu belum bedanya biskuit, cracker, dan cookies?

Di Amerika Serikat, biskuit itu populer dengan sebutan cracker atau cookies. Dalam bahasa Latin biskuit itu artinya “dimasak dua kali” dan dibuat pertama kali di Inggris. [1]

Setiap biskuit terdiri dari tepung sebagai bahan utamanya, susu, mentega, telur, gula dan rempah-rempah. Biskuit apapun harus diolah secara dipanggang di industri. Adonan biskuit diletakkan di atas pemanggang maka adonan biskuit akan mengembang. Pada proses pemanggang tersebut terjadi penguapan. Akan tetapi, jika tekanan terlalu saat proses penguapan tersebut dapat mengakibatkan biskuit tersebut hancur dan bentuknya tidak menarik untuk dilihat.

Akibat proses penguapan yang terlalu tinggi itulah yang menyebabkan biskuit menjadi rusak. Oleh karena itu, biskuit perlu dilubangi terlebih dahulu supaya uap-uap panas yang terperangkap di dalam adonan biskuit bisa keluar melalui lubang-lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Jika ingin membuat biskuit yang bentuknya tipis berarti biskuit tersebut perlu lubang-lubang yang banyak. Karena semakin tipis adonan biskuit semakin mudah untuk rusak atau hancur. [2]

Jadi, itulah alasan kenapa pada biskuit terdapat lubang-lubang kecil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang membaca. Jangan bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang belum mengetahuinya. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Catatan Kaki

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Biskuit

[2] McVitie’s reveals why bourbon biscuits have holes in them

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*