Minum air sebanyak 8 gelas per hari. Apakah itu fakta atau mitos?

Kamu pasti pernah kan mendengar aturan mengenai harus minum air sebanyak 8 gelas per hari. Aturan tersebut pertama kali muncul di televisi dari salah satu iklan minuman air terkenal. Iklan tersebut mampu menyakinkan para konsumennya untuk wajib minum air 8 gelas per hari agar asupan cairan tubuh dapat tercukupi dan mengeluarkan zat pengotor dari tubuh.

minum air sebanyak 8 gelas per hari yang dapat membuat tubuh sehat
Minum air agar tubuh tetap sehat
(Sumber gambar : mengapa-kita-harus-minum)

Nasihat tersebut sangat mudah diingat dan diterapkan dengan meminum 8 gelas air per hari. Apakah dengan meminum 8 gelas air per hari sudah cukup untuk kebutuhan tubuh manusia?

Tubuh manusia 70% terdiri dari air. Oleh karena itu, air sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Ternyata dengan menimum 8 gelas air per hari tidak disarankan karena nasihat tersebut hanya “MITOS” dan tidak ada bukti secara ilmiah.

Lantas, kenapa mitos minum air harus 8 gelas per hari masih dipercayai oleh kebanyakan orang?

Tahun 1945, the Food and Nutrition Board of the National Research Council melaporkan bahwa orang dewasa perlu mengkonsumsi air sebanyak 2,5 L. Jumlah volume tersebut diperoleh karena setiap 1 mL air per kalori yang diperlukan pada makanan yang dikonsumsi. [1] Sementara rata-rata orang dewasa memerlukkan kalori antara 1600 – 2400 kalori setiap kali makan.

Jika dirata-rata asupan kalori orang dewasa sekitar 2000 kalori. Sedangkan 1 gelas air itu sekitar 237 mL. Lalu, karena 1 mL air itu sebanding dengan 1 kalori maka diperlukan sekitar 8,44 gelas per hari. Dibulatkan menjadi angka 8 agar mudah diingat dan seperti masuk akal tapi riset tersebut belum teruji secara pasti.

Nah, ternyata nasihat minum 8 gelas air perhari ini semakin diperkuat karena pada tahun 1944 seorang ahli gizi terkemuka yang bernama
Frederick Stare. Dia merekomendasikan untuk mengkonsumsi air sebanyak 6 sampai 8 gelas per hari. Tapi, dia merekomendasikan itu tanpa menggunakan referensi. Konsumsi air yang dimaksud oleh Frederick Stare ini bisa berasal dari minum kopi, susu, jus, buah-buahan, sayuran dan lain-lain. [2]

Informasi itu pun menyebar tapi ada bagian yang dihilangkan oleh para media surat kabar dan organisasi kesehatan. Informasi yang didengar oleh kebanyakan orang adalah 8 gelas itu berasal dari air putih saja. Sedangkan maksud Frederic Stare itu adalah konsumsi air itu bisa dari makanan atau minuman yang mengandung air. [3]

Jadi, nasihat untuk meminum 8 gelas air per hari adalah mitos.

Jika 8 gelas per hari adalah mitos maka berapa jumlah asupan air yang harus diminum per harinya?

Sebenarnya, air itu bukan hanya yang dapat diminum saja. Air terdapat pada buah-buahan ataupun sayuran yang memiliki kandungan air. Contohnya : semangka dan melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Sumber utama untuk usupan air bisa berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Nah, jumlah air yang diperlukan oleh tubuh manusia itu belum bisa dipastikan. Tapi, The National Academies of Sciences memberikan saran jumlah air yang dibutuhkan yaitu :

  • Untuk wanita dewasa mengkonsumsi sekitar 2,7 Liter per hari
  • Untuk pria dewasa mengkonsumsi sekitar 3,7 Liter per hari

Data konsumsi di atas hanya berupa pedoman secara umum saja karena data tersebut belum didukung dengan penelitian lebih lanjut.[4]

Belum bisa dipastikan dengan akurat berapa sebenarnya jumlah asupan air yang diperlukan karena kebutuhan konsumsi air tiap orang itu berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi asupan air dalam tubuh seperti usia, berat badan, kondisi fisik, jenis pekerjaan yang dilakukan dan iklim tempat tinggal.

Sebagai contoh orang yang berkerja di bawah terik matahari akan banyak kehilangan cairan tubuh maka dia perlu minum air yang banyak agar menyeimbangkan lagi cairan tubuhnya yang hilang. Sedangkan orang yang berkerja di kantor dengan suhu yang ruangan. Dia hanya memerlukkan sedikit asupan air jika dibandikan dengan pekerja yang berkerja di suhu yang panas.

Oh iya, urin juga dapat memberi tahu apakah kita sudah cukup minum air tiap harinya. Urin berwarna kuning atau orange gelap biasanya menunjukkan dehidrasi, sedangkan urin yang baik akan terlihat kuning pucat atau tidak berwarna.

warna air urin yang menandakan kekurangan air sehingga perlu minum air yang cukup
(Sumber gambar : warna urin )

Terakhir, minumlah saat kamu haus, dan minumlah lebih banyak saat kamu lebih banyak berkeringat.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membaca ya. Jika kalian suka tulisan ini kalian bisa membagikan tulisan ini ke teman-temanmu yang belum mengetahuinya. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Catatan Kaki

[1] https://www.physiology.org/doi/full/10.1152/ajpregu.00365.2002

[2] https://www.bmj.com/content/335/7633/1288

[3] https://www.healthline.com/nutrition/8-glasses-of-water-per-day#section1

[4] https://www.livescience.com/61353-how-much-water-you-really-need-drink.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*